Rumah Sakit Mekarsari - Kolesterol dikenal khalayak umum sebagai sesuatu yang buruk bagi tubuh. Kolesterol buruk karena dianggap berbahaya bagi kesehatan jantung.Namun mungkin masih ada fakta seputar kolesterol yang anda belum tahu.

Dikutip dari Times of India, berikut ini ada 5 hal penting tentang kolesterol yang perlu Anda ketahui:

1. Munculnya gejala kolesterol tinggi yang terlihat oleh Mata

Pada umumnya, seseorang bisa tahu kadar kolesterol tinggi melalui dokter. Tapi ada tanda kolesterol tinggi yang tampak oleh mata. Misalnya munculnya banyak benjolan kemerahan di tubuh yang dikenal sebagai xanthomas. Kolesterol tinggilah yang menyebabkan benjolan kemerahan itu.

2. Tingkatkan kolesterol baik dengan olahraga teratur

Olahraga sehari-hari sangat bermanfaat bagi kesehatan, tak terkecuali jika Anda ingin mengontrol kolesterol. Olahraga teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kepadatan kolesterol baik secara alami.

3. Setelah menopause kolesterol meningkat

Hormon estrogen membantu menjaga tingkat kolesterol sebelum menopause, tetapi setelah siklus menstruasi seorang wanita berakhir, tingkat estrogen menurun sehingga membuat kenaikan tajam kolesterol jahat. Akibat tingkat kolesterol yang meningkat, berarti juga meningkatkan risiko masalah jantung pada banyak wanita.

4. Bukan hanya koleterol tinggi, kolesterol rendahpun juga bisa berdampak tidak baik

Memiliki tingkat kolesterol yang stabil sangat penting, karena kolesterol tinggi memang tidak baik untuk kesehatan, namun kolesterol yang sangat rendah juga tidak baik. Jika tingkat kolesterol turun di bawah 160 mg/dL maka dapat meningkatkan peluang terjadinya jenis kanker tertentu dan depresi.

5. Anak-anak Juga Dapat Memiliki Penyakit Kolesterol

Karena obesitas atau riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung, anak-anak juga dapat memiliki kolesterol tinggi. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan medis sedini mungkin dan menjaga pola makan anak.

via: health.detik
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: