Penyakit TBC (dengan Mycobacterium tuberculosis aktif) termasuk ke dalam penyakit yang sangat menular. Badan kesehatan dunia, WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa sepertiga jumlah populasi dunia sudah terinfeksi bakteri penyakit ini. Sebenarnya, jumlah itu hanyalah gambaran penderita penyakit TBC yang bakterinya sudah aktif saja, sedangkan penderita dengan bakteri TBC laten (inaktif) tidak terhitung. Padahal bisa jadi, jumlahnya jauh lebih banyak dan sewaktu-waktu mungkin memperbesar bagian dari sepertiga tadi.
Berbagai upaya telah dilakukan para aktivis kesehatan dan juga pemerintah. Mulai dari pencegahan hingga pengobatan. Tujuannya yaitu agar jumlah penderita TBC tidak terus meningkat setiap tahunnya dan jumlah kematian karena penyakit TBC bisa berkurang.
Semua usaha dan program dari pihak mana pun tak akan bisa sukses selama pencegahan penularan penyakit TBC tidak dilakukan oleh setiap orang. Ada beberapa tips untuk mencegah penularan penyakit TBC. Tips-tips tersebut bisa Anda lihat di bawah ini.
    Jangan berlama-lama tinggal di dalam ruangan tertutup bersama orang yang menderita penyakit TBC (aktif) sampai orang tersebut benar-benar dinyatakan telah sembuh total. Anda bisa bersama dia dengan bebas minimal setelah dua minggu dari waktu dia dinyatakan sembuh total oleh dokter.
    Gunakan selalu pelindung yang bisa menghambat dan mengurangi masuknya bakteri penyebab penyakit TBC ke dalam tubuh, misalnya saja masker.
    Tutup mulut Anda saat batuk.
    Jangan meludah sembarangan.
    Jika Anda hidup dengan seseorang yang mempunyai penyakit TBC aktif, tolong, dampingi, dan berilah selalu motivasi untuknya karena biasanya para penderita TBC merasa dirinya tak berguna, sensitif, serta sering didera kebosanan dalam mengonsumsi obat yang banyak dalam jangka waktu yang relatif panjang.
    Pastikan selalu bayi Anda atau bayi yang berada di sekelilig Anda mendapatkan vaksin pencegah penyakit TBC. Vaksin ini diberikan pada bayi yang berumur 1 bulan. Nama vaksinnya adalah BCG (Bacillus Calmette-Guerin).
Itulah di antaranya tips untuk mencegah penularan penyakit TBC. Pastikan tubuh Anda agar selalu sehat dan fit setiap saat. Karena sehebat dan secanggih apa pun tips mencegah penularan penyakit TBC tidak akan berguna, jika tubuh Anda tidak sehat dan tidak fit.
Axact

Muhammad Rizky

Anaknya bapa Eko Santoso, paling rajin, sholat dan ngebantu orang tua..semoga berbakti pada Agama, Negara, Orang Tua Keluarganya .

Post A Comment:

0 comments: